-

Rabu, 23 Desember 2009

Takhrij hadis Niat

HADIS TENTANG NIAT YANG IKHLAS

A. PENDAHULUAN
Islam adalah agama yang telah dibatasi oleh hukum-hukum syara'. Hukum-hukum ini dibebankan kepada orang Islam yang berakal dan sudah memasuki masa akil baligh, atau yang disebut dengan mukallaf. Dalam melaksanakan hukum-hukum tersebut niat merupakan unsur terpenting. Bahkan bisa dikatakan niat adalah penentu diterima atau tidaknya amal tersebut.
Demikian juga ikhlas yang merupakan pembeda antara orang mukmin dan orang munafiq. Ikhlas ini harus senantiasa bergandengan tangan dengan niat. Sebagaimana firman Allah dalam surat al-Bayyinah ayat 5:
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ
Artinya: "Tidaklah mereka disuruh melainkan mengabdi menurut perintah Allah serta dengan ikhlas beragama kepadanya".
Sehingga sudah jelaslah keikhlasan dalam berniat merupakan sesuatu yang telah diperintahkan oleh al-Qur'an.

B. PEMBAHASAN
I. Hadis dan Artinya
Dalam makalah ini hadis yang akan diteliti adalah hadis dari jalur Bukhari dan dari jalur Muslim.
1. Hadis dari jalur periwayatan Bukhari
حَدَّثَناَ مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيْرٍ عَنْ سُفْياَنَ حَدَّثَناَ يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيِّ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقاَصٍ اللَّيْثِيِّ قاَلَ:سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطاَبِ رضي الله عنه عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قاَلَ:"الأَعْماَلُ بِالنِّيَّةِ, وَلاِمْرِئٍ ماَ نَوَى,فَمَنْ كاَنَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَ رَسُوْلِهِ , فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ,وَمَنْ كاَنَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْياَ يُصِيْبُهاَ,أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهاَ,فَهِجْرَتُهَ إِلَى ماَ هاَجَرَ إِلَيْهِ"
Artinya : Telah bercerita kepada kami Muhammad bin Katsir dari Sufyan, telah bercerita kepada kami Yahya bin Sa'id dari Muhammad bin Ibrahim al-Taimiy dari Alqamah bin Waqash al-Laitsiy berkata:"Saya mendengar dari Umar bin al-Khaththab r.a dari Nabi SAW bersabda:'(sesungguhnya) Amal-amal itu (tergantung) dengan niatnya, dan bagi seseorang adalah apa yang diniatkan. Maka barang siapa berhijrah karena Allah dan RasulNya, maka (pahala) hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, dan barang siapa berhijrah bertujuan medapatkan dunia atau menikahi perempuan, maka hijrahnya (mendapatkan) apa yang menjadi tujuan hijrah".
2. Hadis dari jalur periwayatan Muslim
حَدَّثَناَ عَبْدُاللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ, حَدَّثَناَ ماَلِكٌ, عَنْ يَحْيىَ بْنِ سَعِيْدٍ, عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ, عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقّاَصٍ, عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطاََّبِ رضي الله عنه, قاَلَ:قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم:"إِنَّماَ اْلأَعْماَلُ بِالنِّيَّةِ, وَإِنَّماَ ِلامْرِئٍ ماَ نَوَى, فَمَنْ كاَنَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَ رَسُوْلِهِ , فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ, وَمَنْ كاَنَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْياَ يُصِيْبُهاَ أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا, فَهِجْرَتُهُ إِلَى ماَ هاَجَرَ إِلَيْهِ"
Artinya : Telah bercerita kepada kami Abdullah bin Maslamah bin Qa'nab, telah bercerita kepada kami Malik dari Yahya bin Sa'id dari Muhammad bin Ibrahim dari Alqamah bin Waqash dari Umar bin al-Khaththab r.a berkata :'Rasulullah SAW telah bersabda :"Sesungguhnya amal-amal itu (tergantung) dengan niat. Dan sesungguhnya bagi setiap oarng itu apa yang telah diniatkan. Maka barang siapa berhijrah karena Allah dan RasulNya, maka (pahala) hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, dan barang siapa berhijrah bertujuan medapatkan dunia atau menikahi perempuan, maka hijrahnya (mendapatkan) apa yang menjadi tujuan hijrah".

II. Biografi Rawi
1. Biografi Rawi Hadis Pertama
Pada hadis yang pertama ini mempunyai jalur sebagai berikut:
Rasulullah SAW Umar bin al-Khaththab  Alqamah bin Waqash al-Laitsiy  Muahammad bin Ibrahim al-Taimiy  Yahya bin Sa'id  Sufyan  Muhammad bin Katsir Bukhariy.
a. Umar bin al-Khattab
Nama lengkapnya Umar bin al-Khattab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Rayyah bin Abdillah bin Qurth bin Razzah bin 'Adii bin Ka'ab bin Lu'aiy bin Ghalib al-Qurasyiy al-Adawiy, Abu Hafsh.
Ibunya bernama Hantamah binti Hasyim bin al-Mughirah bin Abdillah bin Umar bin Makhzum. Beliau meriwayatkan hadis dari Rasulullah SAW, Abu Bakar, Ubay bin Ka'ab. Di antara orang yang meriwayatkan hadis darinya adalah putranya Abdullah, Ashim, Hafshah, Utsman, Ali, Sa'ad bin Abi Waqash, Thalhah bin Ubaidillah, Abdurrahman bin Auf, termasuk juga Alqamah bin Waqash al-Laitsiy.
Tentang keutamaan beliau, diriwayatkan dari Nabi SAW "Seandainya ada Nabi sesudahku pastilah Umar". Ali bin Abi Thalib juga berkata "Sebaik-baik manusia sesudah Rasulullah SAW adalah Abu Bakar kemudian Umar".
Ibnu Mas'ud berkata: "Kami selalu dalam kemenangan semenjak Umar masuk Islam". Keutamaan-keutamaan beliau sangatlah banyak. Beliau menjadi Khalifah selama 10 tahun lima bulan/enam bulan. beliau terbunuh pada hari Rabu bulan Dzulhijjah tahun 23 H. Sedangkan pada waktu itu beliau berusia 63 tahun.
b. Alqamah bin Waqash al-Laitsiy
Nama lengkapnya adalah Alqamah bin Waqash bin Mihshan bin Kaladah bin Abd Yalail bin Tharif bin Utwarah bin Amir bin Malik bin Lais bin Bakr bin Abi Manah bin Kinanah al-Laisiy al-Utwariy al-Madaniy.
Di antara guru dan murid beliau adalah : Umar, Ibnu Umar, Bilal bin Haris, Mu'awiyah, Amr bin Ash, Aisyah, Abdulah dan Amr (keduanya adalah putera beliau), al-Zuhriy, Muhammad bin Ibrahim bin al-Haris al-Taimiy, Amr bin Yahya al-Mazaniy, Yahya bin Nadlar al-Anshariy dan Ibnu Abi Malikah.
Al-Nasa'i berkata: "Beliau adalah orang yang tsiqah". Sedangkan Ibnu Sa'ad berkata : "Beliau termasuk orang yang sedikit meriwayatkan hadits dan meninggal di Madinah ketika pada masa-masa akhir kekhilafahan Abdul Malik bin Marwan".
Tentang apakah beliau dari golongan sahabat atau Tabi'in masih diperdebatkan. Al-Asqalani berkata : "Muslim mengkategorikan beliau ke dalam thabaqah orang yang dilahirkan pada masa Rasulullah. Demikian juga Ibnu Abdil Barr. Sedangkan al-Qadhi Abu Ahmad dan segolongan manusia memasukkannya ke dalam golongan tabi'in".
Ibnu Hibban memasukkan beliau ke dalam tabi'in yang tsiqah. Sesuai dengan pendapat Ibnu Sa'ad.
c. Muhammad bin Ibrahim al-Taimiy
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Ibrahim bin al-Haris bin Khalid bin Sakhr bin Amr bin Ka'ab bin Sa'ad bin Taim bin Murrah al-Qurasyiy al-Taimiy, Abu Abdillah al-Madaniy.
Di antara guru dan muruid beliau adalah: Abi Sa'id al-Khudzriy, Umair, Jabir bin Abdillah, Anas bin Malik, Qais bin Amr al-Anshariy, Aisyah, Alqamah bin Waqash, Musa, Yahya, Abdi Rabbih, Sa'ad, Muhammad bin 'Amr bin Alqomah, Yahya bin Abi Katsir, Imarah bin Ghozyah, Ibnu Ishaq, al-Auza'i dan lain-lain.
Pendapat kritikus tentang beliau:
1. Ibnu Ma'in, Abu Hatim, al-Nasa'iy dan Ibnu Kharasy menyatakan beliau termasuk orang yang tsiqah.
2. Ibnu Sa'ad dari Muhammad bin 'Amr : beliau meninggal pada tahun 120 H dan merupakan orang yang tsiqah serta banyak meriwayatkan hadis.
3. Ibnu Hibban dari Ya'qub bin Syaibah : beliau termasuk orang yang tsiqah.
4. Al-Uqailiy dari Abdillah bin Ahmad : di dalam hadis-hadis yang diriwayatkan oleh beliau terdapat hadis-hadis Munkar.
d. Yahya bin Sa'id al-Anshariy
Nama lengkapnya adalah Yahya bin Sa'id bin Qais bin 'Amr bin Sahl bin Sa'labah bin al-Haris bin Zaid bin Sa'labah bin Ghonm bin Malik bin al-Najjar al-Anshariy al-Najjariy, Abu Sa'ad al-Madaniy al-Qadhi.
Di antara guru dan muridnya adalah Anas bin Malik, Abdullah bin Amir bin Rabi'ah, Muhammad bin Abi Umamah bin Sahl bin Hanif, Wakid bin Amr bin sa'ad bin Mu'adz, Muhammad bin Ibrahim al-Taimiy, al-Zuhriy, Yazid bin al-Had, Ibnu Ajlan, Malik, Ibnu Ishaq, al-Auza'i, Wahib, Syu'bah, Sufyan, Ibnu Juraij, dan lain-lain.
Pendapat para kritikus tentang beliau :
1. Ibnu Sa'ad : Beliau adalah orang yang tsiqah, tsubut dan banyak hadis yang diriwayatkannya menjadi Hujjah.
2. al-Tsauriy : beliau termasuk seorang Huffadz.
3. Ibnu Uyainah : beliau ahli hadis daerah Hijaz yang meriwayatkan hadis sesuai dengan aslinya.
4. Ibnu al-Madiniy : beliau orang yang tsiqah dan shahih hadisnya.
5. al-Nasa'iy : beliau termasuk oarng yang tsiqah dan ma'mun.
6. Ahmad bin Hanbal, Yahya bin Ma'in, Abu Hatim dan Abu Zar'ah : beliau termasuk orang yang tsiqah.
Tentang tahun wafat beliau terjadi perbedaan pendapat. Ibnu sa'ad berpendapat beliau meninggal tahun 143 H. sedang Yazid bin Harun dan Amr bin Ali berpendapat beliau meninggal tahun 144 H.
e. Sufyan
Nama lengkapnaya adalah Sufyan bin Sa'id bin Masruq al-Tsauriy, Abu Abdillah al-Kufiy.
Di antara guru dan muridnya adalah ayahnya (Sa'id bin Masruq), Abu Ishaq al-Syibaniy, Abdurrahman bin 'abis bin Rabi'ah, al-A'masy, Ziyad bin 'Alaqah, Abdullah bin Dinar, 'Amr bin Dinar, Yahya bin Sa'id al-Anshariy, Ibnu Ishaq, al-Auza'iy, Yahya bin Sa'id al-Qaththan, Fudhail bin 'Iyadh, Waki', Abu Nu'aim, Muhammad bin Katsir al-Abdiy dan lain-lain.
Pendapat kritikus tentang beliau:
1. Syu'bah, Ibnu 'Uyainah, Abu 'ashim, Ibnu Ma'in dan Ulama lain: Beliau adalah Amirul Mukminin dalam bidang hadis.
2. Ibnu Sa'id: beliau adalah orang yang tsiqah, ma'mun, ahli ibadah dan tsubut.
3. Al-Nasa'iy: beliau orang yang tsiqah
4. Ibnu al-Madiniy dari Yahya bin Sa'id: tak ada keraguan padanya.
Al-Ujailiy dan yang lain berkata:"Beliau dilahirkan pada tahun 97 H". Sedangkan Ibnu Sa'id berkata:"Beliau wafat di Bashrah tahun 191 H".
f. Muhammad bin Katsir
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Katsir al-'Abdiy, Abu Abdillah al-Bashriy.
Di antara guru dan muridnya adalah Ibrahim bin Nafi' al-Makkiy, Israil bin Yunus, Ismail bin Ayyasy, Ja'far bin Sulaiman, Al-Dhuba'iy, Sufyan al-Tsauriy, Sulaiman bin Katsir, Syu'bah bin al-Hajjaj, Bukhariy, Abu Dawud, Ibrahim bin Abdillahal-Kajjiy, Abdullah bin Abdirrahman al-Darimiy, Abu Hatim, Abu zar'ah al-Raziyyan dan lain-lain.
Pendapat kritikus tentang belaiau:
1. Abu Bakar bin Abi Khaitsamah: Yahya bin Ma'in berkata kepada kami:"Jangan kau tulis hadis darinya, dia bukanlah orang yang tsiqah".
2. Abu Hatim: beliau orang yang shoduq.
3. Ibnu Hibban, sebagaimana Bukhariy; telah bercerita kepada kami al-fadhl bin Hubab, beliau meninggal tahun 223 H dan berusia 90 tahun. Beliau adalah orang yang taqiy, fadhil (utama).
g. Bukhariy
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizabah, Abu Abdillah al-Bukhariy.
Di antara guru dan murid beliau adalah Ubaidillah bin Musa, Muhammad bin Abdillah al-Anshariy, 'Afan, Abi Ashim al-Nabil, Al-Tirmidziy, Muslim, Al-Nasa'iy, Abu Zar'ah, Abu Hatim, Muhammad bin Abdillah al-Hadhramiy, Ibnu Khuzaimah, Al-fadhl bin al-Abbas al-Raziy dan lain-lain.
Pendapat kritikus tentang beliau:
1. Ja'far bin Muhammad al-qaththan: saya pernah mendengar Muhammad bin Ismail (Bukhariy) berkata:"Saya menulis hadis dari 1000 guru atau lebih. Tidaklah hadis yang aku tulis kecuali kusertakan sanadnya".
2. Maslamah: beliau orang yang tsiqah.
3. Al-Nasa'iy: beliau oarng yang tsiqah dan ma'mun.
Bakir bin Numair berkata:"Aku mendengar al-Hasan bin al-Husain berkata:'Saya melihat Muhammad bin Ismail (Bukhariy) adalah orang yang tua, badannya tidak tinggi dan tidak pendek, dilahirkan pada bulan Syawal tahun 194 H dan meninggal pada hari Sabtu bulan Syawal tahun 256 H dalam usia 62 tahun kurang 13 hari".
2. Biografi Rawi Hadis Kedua
Pada hadis yang kedua ini mempunyai jalur sebagai berikut:
Rasulullah SAW Umar bin al-Khaththab  Alqamah bin Waqash  Muhammad bin Ibrahim  Yahya bin Sa'id  Malik  Abdullah bin Maslamah bin Qa'nab  Muslim.
Rawi pertama, kedua , ketiga dan keempat sama dengan hadis yang pertama. Jadi yang akan ditulis di sini adalah rawi kelima sampai terakhir.
a. Malik
Nama lengkapnya adalah Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr bin al-Haris bin Ghaiman bin Khutsail bin Amr bin al-Haris, Abu Abdillah al-Madaniy.
Di antara guru dan murid beliau adalahAmir bin Abdillah bin al-Zubair bin al-Awam, Nu'aim bin Abdillah al-Mujmar, Zaid bin Aslam, Abu Hazim Salmah bin Dinar, Syarik bin Abdillah bin Abi Namr, al-Zuhriy, Abdillah bin Dinar, Yahya bin Sa'id, Ja'far bin Muhammad al-Shadiq, al-Auzaiy, al-Tsauriy, Ibnu Juraij, Ibnu Uyainah, Abu Ishaq al-Fazary, Yahya bin Sa'id al-Qaththan, al-Syafi'i dan lain-lain.
Pendapat kritikus tentang beliau :
1. Ishaq bin Manshur dari Ibnu Ma'in: beliau adalah oarang tsiqah.
2. Al-Zuabiriy: beliau termasuk orang tsiqah, ma'mun dan tsubut.
3. Al-Syafi'i: Malik adalah Hujjatullah sesudah Tabi'in.
4. Al-Nasa'iy: bagiku tidak ada golongan sesudah tabi'in yang lebih pandai, lebih mulia, lebih tsiqah dan lebih dipercaya dalam hal hadis selain Malik.
Beliau meninggal pada bulan Shafar tahun 179 H.
b. Abdullah bin Maslamah bin Qa'nab
Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Maslamah bin Qa'nab al-Qa'nabiy al-Haritsiy, Abu abdirrahman al-Madaniy.
Di antara guru dan murid beliau adalah ayahnya (Maslamah bin Qa'nab), Aflah bin humaid, Malik, Syu'bah, al-Laits, Dawud bin Qais, Zaid bin Aslam, Nafi' bin Abi Nu'aim al-Qariy, Fudhail bin 'Iyadl, Bukhariy, Muslim, Abu Dawud, al-Tirmidziy, al-Nasa'iy, Abu Hatim, Ya'qub bin Sufyan, Ismail bin Ishaq al-Qadhiy, Ali bin Abdil Aziz al-Baghawiy, Mu'adz bin al-Matsna dan lain-lain.
Pendapat kritikus tentang beliau:
1. Abu al-Hasan Ibnu al-Qaththan dari al-Hassan bin Manshur berkata ;'saya mendengar Abdullah bin Dawud al-Khuraibiy berkata:"telah bercerita kepadaku al-Qa'nabiy dari Malik dan beliau (al-Qa'nabiy), demi Allah lebih baik daripada Malik".
2. al-'Ajaliy: beliau termasuk orang yang tsiqah, orang yang shalih.
3. Abu Hatim: beliau termasuk orang yang tsiqah dan dapat dipakai hujjah (hadisnya).
4. Ibnu Qani': beliau orang tsiqah.
Bukhariy berkata:"beliau meninggal pada tahun 220 H". Dalam kitab al-Zahrah disebutkan bahwa Bkhariy meriwayatkan hadis dari beliau sebanyak 123 hadis sedangkan Muslim sebanyak 70 hadis.
c. Muslim
Nama lengkapnya adalah Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairiy, Abu al-Hasan al-Naisaburiy.
Di antara guru dan murid beliau adalah al-Qa'nabiy, Ahmad bin Yunus, Ismail bin Uwais, Yahya bin Yahya al-Naisaburiy, Syaiban bin Farukh, al-Tirmidziy, Abu al-Fadhl Ahmad bin Salmah, Ali bin al-Husain al-Hilaliy, Muhammad bin Abd al-Wahhab al-Farra', Ibnu Khuzaimah, Abu Muhammad bin Abi Hatim al-Raziy, Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan, Muhammad bin Ishaq al-Faqihiy, Abu Hamid al-A'masy dan lain-lain.
Pendapat kritikus tentang beliau:
1. Muhammad bin Abdil Wahhab: Muslim adalah Ulama dan penjaga ilmu. Bapaknya adalah seorang Syaikh.
2. Ibnu Aqdah: sedikit sekali kesalahan dalam Rijal yang dikeluarkan Muslim, karena dia menulis hadis sesuai dengan yang dia terima.
3. Maslamah bin qasim: beliau orang yang tsiqah.
4. Ibnu Abi Hatim: beliau orang yang tsiqah, huffadz, dan mengetahui hadis.
5. Abu Hatim: beliau orang yang shoduq.
Muhammad bin Ya'kub berkata:"Beliau meninggal pada bulan rajab tahun 261 H". Dan Ulama' lainnya berkata;"beliau dilahirkan tahun 204 H".
III. Kajian Sanad
a. Hadis Riwayat Bukhariy
1. Umar bin al-Khaththab
Tidak diragukan lagi beliau adalah sebagai sahabat yang sangat bagus akan integritas dan loyalitasnya kepada agama. Beliau merupaka salah satu Khulafa' al-Rasyidun.
Shighah yang digunakan oleh Umar adalah قال yang menunjukkan ketersambungan sanadnya. Di mana dalam pandangan sebagian pendapat ulama adalah merupakan lambang yang menunjukkan adanya mu'asyarah dan liqa' dengan sharih dan jelas akan pertemuannya.
Kalau kita teliti dalam kepribadian Umar maka sudah tidak diragukan bahwa beliau adalah orang yang tidak mungkin berbohong. Dengan demikian bisa dikatakan Umar adalah rawi yang bebas dari Syadz dan tadlis.
2. Alqamah bin Waqash
Beliau adalah murid dari Umar bin Khaththab. Shighah yang digunakan adalah سمعت dalam meriwayatkan hadis ini. Sehingga kita dapat mengerti kalau antara Alqamah dan Umar sezaman dan ada pertemuan yang jelas. Sehingga bisa ditarik kesimpulan sanadnya bersambung.
Kalau dilihat dari sisi syadz dan tadlisnya pun dia tidak termasuk ke dalam kriteria ini, karena tidak ada ulama hadis yang memberikan tentang keterangan tersebut. Sehingga tetap memasukkan beliau ke dalam golongan tsiqah.
3. Muhammad bin Ibrahim
Shighah yang digunakan adalah عن dalam meriwaytkan hadis ini. Walaupun tergolong dhaif, tetapi tidak menurunkan derajat hadis tersebut. Karena adanya indikasi yang kuat antara mereka seperti: terjadi proses guru dan murid, tahun lahir dan wafat mereka diperkirakan adanya pertemuan antara keduanya atau bersamaan. Sehingga dapat dimengerti kalau antara Muhammad dengan Alqamah ada pertemuan yang jelas dan sezaman sehingga sanadnya bersambung.
Walaupun al-Uqailiy mengatakan, dari Abdullah bin Ahmad, bahwa di dalam hadis beliau banyak hadis-hadis munkar, tetapi banyak juga ulama' yang mengatakan bahwa beliau adalah tsiqah. Penulis cenderung menggunakan kaidah:
يقدم التعديل على الجرح إذا كان المعدلون أكثر من الجارحين
Artinya : "Mendahulukan al-Ta'dil atas jarh jika al-Mu'addil lebih banyak daripada al-Jarih". Atau,
إذا تعارض الجارح والمعدّل فالحكم للمعدّل إلا إذا ثبت الجرح المفسّر
Artinya : "Apabila terjadi pertentangan antara kritik yang memuji dan yang mencela, maka yang harus dimenangkan adalah kritikan yang memuji, kecuali apabila kritikan yang mencela disertai penjelasan tentang sebab-sebabnya".
Sehingga dengan demikian Muhammad bin Ibrahim tetap dapat dimasukkan ke dalam kelompok tsiqah. Dilihat dari sisi syadz dan tadlisnya pun beliau tidak termasuk ke dalam kriteria ini.
4. Yahya bin Sa'id
Shighah yang digunakan adalah عن dalam meriwayatkan hadis ini. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas walaupun tergolong dhaif, tetapi tidak menurunkan derajat hadis tersebut. Karena adanya indikasi yang kuat antara mereka seperti: terjadi proses guru dan murid, tahun lahir dan wafat mereka diperkirakan adanya pertemuan antara keduanya atau bersamaan. Sehingga dapat dimengerti kalau antara Yahya dengan Muhammad bin Ibrahim ada pertemuan yang jelas dan sezaman sehingga sanadnya bersambung.
Tidak adanya ulama yang memberikan penilaian yang tidak baik dari syadz, tadlis ataupun illat, memberikan kesimpulan bahwa beliau termasuk ke dalam golongan tsiqah.



5. Sufyan
Shighah yang digunakan adalah حدثنا yang merupakan shighah tingkat tinggi dalam proses tahammul dan ada', sehingga bisa dipastikan antara Sufyan dan Yahya terjadi liqa' sehingga sanadnya bersambung.
Tidak adanya ulama yang memberikan penilaian yang tidak baik dari syadz, tadlis ataupun illat, memberikan kesimpulan bahwa beliau termasuk ke dalam golongan tsiqah.
6. Muhammad bin Katsir
Shighah yang digunakan adalah عن dalam meriwayatkan hadis ini. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas walaupun tergolong dhaif, tetapi tidak menurunkan derajat hadis tersebut. Karena adanya indikasi yang kuat antara mereka seperti: terjadi proses guru dan murid, tahun lahir dan wafat mereka diperkirakan adanya pertemuan antara keduanya atau bersamaan. Sehingga dapat dimengerti kalau antara Muhammad bin Katsir dengan Sufyan ada pertemuan yang jelas dan sezaman sehingga sanadnya bersambung.
Jika melihat kualitas rawi maka beliau termasuk ke dalam golongan tsiqah dan tidak termasuk rawi yang mudallis, meskipun ada ulama' yang menjarh. Karena di sini penulis memakai kaidah seperti yang sudah tercantum.
7. Bukhariy
Shighah yang digunakan adalah حدثنا yang merupakan shighah tingkat tinggi dalam proses tahammul dan ada'. Sehingga bisa dipastikan antara Muhammad bin Katsir dengan Bukhariy terjadi liqa' sehingga sanadnya bersambung.
Tidak adanya ulama yang memberikan penilaian yang tidak baik dari syadz, tadlis ataupun illat, memberikan kesimpulan bahwa beliau termasuk ke dalam golongan tsiqah. Bahkan beliau dimasukkan ke dalam golongan tsiqah tertinggi.
b. Hadis Riwayat Muslim
Untuk Umar, Alqamah bin Waqash, Muhammad bin Ibrahim dan Yahya bin Sa'id sama dengan yang ada dalam periwayatan Bukhariy. Dalam hal ini akan diuraikan tentang Malik, Abdullah bin Maslamah dan Muslim.

1. Malik
Shighah yang digunakan adalah عن dalam meriwayatkan hadis ini. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas walaupun tergolong dhaif, tetapi tidak menurunkan derajat hadis tersebut. Karena adanya indikasi yang kuat antara mereka seperti: terjadi proses guru dan murid, tahun lahir dan wafat mereka diperkirakan adanya pertemuan antara keduanya atau bersamaan. Sehingga dapat dimengerti kalau antara Malik dengan Yahya bin Sa'id ada pertemuan yang jelas dan sezaman sehingga sanadnya bersambung.
Banyak pujian yang dialamatkan kepadanya. Beliau termasuk Imam madzhab dan banyak sekali penganutnya. Tidak adanya ulama yang memberikan penilaian yang tidak baik dari syadz, tadlis ataupun illat, memberikan kesimpulan bahwa beliau termasuk ke dalam golongan tsiqah.
2. Abdullah bin Maslamah bin Qa'nab
Dalam meriwayatkan hadis ini memakai shighah حدثنا yang merupakan shighah tertinggi dalam prosese tahamul dan ada'. Sehingga dapat dipastikan antara Abdullah dan Malik terjadi liqa' sehingga sanadnya bersambung.
Tidak adanya ulama yang memberikan penilaian yang tidak baik dari syadz, tadlis ataupun illat, memberikan kesimpulan bahwa beliau termasuk ke dalam golongan tsiqah.
3. Muslim
Sama seperti di atas, dalam meriwayatkan hadis ini memakai shighah حدثنا yang merupakan shighah tertinggi dalam prosese sehingga bisa dipastikan antara Muslim dengan Abdullah terjadi liqa' sehingga sanadnya bersambung.
Tidak adanya ulama yang memberikan penilaian yang tidak baik dari syadz, tadlis ataupun illat, memberikan kesimpulan bahwa beliau termasuk ke dalam golongan tsiqah.
Kesimpulan: Sanad hadis pertama setelah di teliti ternyata seluruh rawi bersifat tsiqah (adil dan dhabit), selain itu juga bersambung sanadnya. Demikian juga sanad hadis yang kedua yang seluruh rawinya bersifat tsiqah dan bersambung sanadnya. Dengan demikian kedua sanad hadis tersebut berkualitas shahih.


IV. Kajian Matan
a. Dari Segi Lafadz
Dilihat dari lafadznya kedua matan hadis tersebut hampir tidak ada perbedaan sama sekali, kecuali pada hadis riwayat Muslim terdapat tambahan kata إنما. Jumhur ulama ahli bahasa dan ahli ushul berkata:"Lafadz 'إنما' digunakan untuk meringkas, mengukuhkan sesuatu yang disebut dan menafikan yang lainnya. Jadi kira-kira (taqdir) maknanya adalah Sesungguhnya amal-amal itu dihitung berdasarkan niatnya dan tidaklah dihitung kecuali dengan niat. Lafadz إنما juga berfungsi sebagai ta'kid.
Perbedaan penggunaan إنما masih dapat ditoleransi sebagai akibat adanya periwayatan hadis secara makna. Jadi dapat dikatakan, dari segi lafadznya kedua matan tersebut tidak ada ikhtilaf, tadlis maupun 'illat.
b. Dari Segi Kandungan Isi
Dilihat dari kandungannya, matan tersebut tidak bertentangan dengan al-Qur'an. Meskipun para ulama berbeda pendapat tentang niat, antara madzhab Syafi'i dan madzhab Hanbali, yakni tentang sah atau tidaknya perbuatan dengan atau tanpa niat. Ini juga didukung oleh hadis lain yaitu:
نية المؤمن خير من عمله
Artinya: "niat seorang mukmin itu lebih baik daripada amalnya".
Lafadz فمن كانت هجرته...الحديث secara implisit menunjukkan anjuran untuk berikhlas dalam setiap amal ibadah. Adapun adanya lafadz المرأة dan الدنيا adalah berhubungan dengan asbab al-wurud hadis ini sebagaimana yang akan diterangkan dalam syarahnya.
Sedangkan Ikhlas berasal dari kata خلص yang berarti "murni/tidak bercampur". Yakni memurnikan dari hal-hal yang selain bertujuan kepada Allah. Al-Qur'an juga telah menegaskan tentang ikhlas, sebagaimana tersirat dalam surat al-Zumar ayat 11:
قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصاً لَّهُ الدِّينَ
Artinya:"Katakanlah:'Sesungguhnya aku diperintah agar menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama".
Inilah pemaklumatan dari Rasulullah bahwa beliau diperintahkan agar beribadah kepada Allah Yang Esa, memurnikan ketaatan hanya untuk-Nya. Bahkan bukan atas harapan memperoleh surga atau menghindar dari neraka, tetapi semata-mata karena cinta kepada-Nya dan syukur atas nikmat-Nya.
Ikhlas merupakan kunci dari semua amal ibadah. Ikhlas merupakan batas pembeda antara orang mukmin dan orang munafiq. Ikhlas merupakn ibadah yang tak tampak secara lahir, tetapi inilah merupakan ujian bagi orang Islam, karena ketidak tampakan tersebut malah bisa menjadi bumerang yaitu menjadi riya'.
Jadi kandungan matan hadis ini tidak bertentangan dengan al-Qur'an sehingga dapat dipakai hujjah.
Kesimpulan: Setelah dilakukan penelitian, yaitu dari segi lafadz dan segi kandungan isinya di mana dalam matan hadis tersebut tidak ada tadlis, 'illat ataupun ikhtilaf dan tidak adanya pertentangan dengan al-Qur'an dan al-Sunnah maka dapat disimpulkan bahwa matan hadis ini adalah shahih.
V. Syarah Hadis
إِنَّماَ اْلأَعْماَلُ بِالنِّيَّةِ
Penggunaan lafadz إنما berfaedah untuk meringkas (حصر), mengukuhkan sesuatu yang disebut dan menafikan yang lainnya. Taqdir (kira-kira) maknanya adalah sesungguhnya amalan-amalan itu dihitung berdasarkan niatnya dan tidaklah dihitung kecuali tanpa niat sebagaimana dikatakan oleh Nawawiy. Lafadz أعمال lebih luas maknanya daripada hanya sekedar amal-amal yang berupa ucapan, perbuatan, amal fardhu atau sunah, sedikit atau banyak yang keluar dari orang mukmin yang mukallaf. Ini sekaligus pengecualian terhadap amalan-amalan yang dilakukan oleh orang kafir. Karena yang dimaksud dengan amal di sini adalah amal-amal ibadah, sedangkan ibadah itu tidak sah dilakukan oleh orang kafir.
Niat secara bahasa adalah القصد (maksud). Sebagaimana dikatakan oleh Nawawiy, niat adalah عزيمة القلب (kehendak hati). Dalam riwayat Bukhariy tanpa penggunaan إنما. Taqdir (kira-kira) maknanya adalah setiap amal-amal itu tergantung niatnya. Lafadz إنما di sini aslinya adalah إنّ taukidiyah yang dimasuki ما zaidah (tambahan).
وَإِنَّماَ لِكُلِّ امْرِئٍ ماَ نَوَى
Imam al-Qurthubiy berkata penggalan matan ini adalah merupakan tahqiq terhadap persayaratan niat dan ikhlas dalam melakukan semua amal. Menurut madzhab Syafi'i, sebagaimana dikatakan olah Nawawiy, berfaedah untk persyaratan menyatakan (تعيين) terhadap apa yang diniatkan. Seperti orang yang ingin mangqadha shalat, belum cukup jika hanya niat shalat qadha, sebelum menyatakan apakah dhuhur, ashar dan sebagainya.
Orang-orang Islam telah sepakat akan keagungan hadis ini dan akan banyaknya faedah serta keshahihannya. Imam Syafi'i dan ulama yang lain berkata: "Hadis tersebut adalah sepertiga Islam".
Al-Huffadz berkata:"Tidak sah periwayatan hadis ini dari Rasulullah SAW kecuali dari Umar bin al-Kaththab. Dan tidak (sah) periwayatan dari Umar kecuali dari riwayat Alqamah bin Waqash. Tidak pula (sah) dari Alqamah kecuali dari Muhammad bin Ibrahim al-Taimiy. Serta tidak pula (sah) dari Muhammad kecuali dari riwayat Yahya bin Sa'id al-Anshariy".
Oleh sebab itu para Imam berkata:"Hadis ini bukanlah hadis mutawatir, meskipun masyhur di kalangan umum maupun kalangan tertentu karena tidak terpenuhinya syarat mutawatur di awal-awal sanadnya.
فَمَنْ كاَنَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَ رَسُوْلِهِ , فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ
Hijrah berarti meninggalkan, sedangkan menurut syara' hijrah berarti meninggalkan sesuatu yang dilarang oleh Allah. Dalam Islam hijrah ini terjadi dalam dua sisi, yaitu:
1. hijrah atau pindah dari daerah yang rawan menuju daerah yang lebih amn. Seperti ketika Rasulullah SAW hijrah ke Habasyah dan ketika hijrah dari Makkah ke Madinah.
2. hijrah atau pindah dari daerah kekufuran menuju daerah keimanan. Seperti ketika Nabi sudah menetap di Madinah.
Arti dari hadis tersebut, sebagaimana diungkapkan oleh Nawawiy, barang siapa yang bermaksud hijrah karena ikhlas hanya mengharap ridha Allah niscaya pahalanya bergantung kepada Allah. Sebaliknya barangsiapa yang berhijrah hanya ingin mengejar dunia atau wanita niscaya ia akan memperoleh apa yng dikejarnya tetapi tidak mendapat bagian apa-apa di akhirat nanti.
وَمَنْ كاَنَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْياَ يُصِيْبُهاَ أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا, فَهِجْرَتُهُ إِلَى ماَ هاَجَرَ إِلَيْهِ
Penyebutan (المرأة) dan (الدنيا) mengandung bebrapa makna, diantaranya:
1. sebab lahirnya hadis ini adalah ketika itu ada seorang laki-laki berhijrah hanya karena imgin menikahi seorang wanita yang di namakan Ummu Qais. Maka lelaki tersebut dinamakan Muhajir Ummu Qais. Asbab Wurud dari hadis tersebut di atas, kita temukan pada hadis yang ditakhrijkan oleh at-thabarany yang bersanad tsiqah dari Ibnu Mas'ud., ujarnya:
كَانَ بَيْنَنَا رَجُلٌ خَطَبَ إِمْرَآَةً يُقَالُ لَهَا (أُمُّ قَيْسٍ) فَأَبَتْ أَنْ يَتَزَوَّجَهَا حَتَّى يُهَاجِرَ فَهاَجَرَ فَتَزَوَّجَهَا. كُنَّا نُسَمِّيْهِ (مُهَاجِرَ أُمِّ قَيْسٍ)
"Konon pada jama'ah kami terdapat seorang laki-laki yang melamar seorang perempuan yang bernama Ummu Qais. Tetapi perempuan itu menolak untuk dinikahinya, kalau laki-laki pelamar tersebut enggan berhijrah ke Madinah. Maka lalu hijrah dan kemudian menikahinya. Kami namai laki-lai itu, Muhajir Ummu Qais.
2. sebagai bentuk peringatan dari Rasulullah agar orang-orang tidak melaksanakan yang demikian tersebut (agar mananamkan keikhlasan dalam diri mereka).
3. menunjukkan betapa besar fitnah yang ditimbulkan oleh dunia dan perempuan. Sebagaimana firman Allah:
زُيِّنَ لِلنّاَسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّساَءِ
"Dihias-hiasi bagi manusia cinta akan kesenangan-kesenangan dari perempuan". Dan juga sabda Rasulullah:
ماَ تَرَكْتُ بَعْدِيْ فِتْنَةً أَضَرَّ عَلىَ الرِّجاَلِ مِنَ النِّسَاءِ
"Aku tidak meninggalkan sesudahku fitnah yang lebih berbahaya terhadap laki-laki daripada para perempuan".
Tetapi tidak serta merta perempuan itu selalu membawa fitnah. Bahkan perempuan yang shalihah adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Sebagaimana sabda Nabi:
اَلدُّنْياَ كُلُّهاَ مَتَاعٌ, وَخَيْرُ مَتاَعِهاَ الْمَرْأَةُ الصّاَلِحَةُ
"Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasannya adalah wanita yang shalihah".
Keterangan ini menunjukkan bahwa antara niat dengan keikhlasan haruslah saling bergandengan tangan. Kerena sudah termaktub dalam al-Qur'an dan al-Sunnah.
VI. Kesimpulan
Standar kesahihan hadis adalah jika dalam hadis tersebut sanad dan matannya sama-sama memiliki kualitas shahih. Jika ada salah satu yang tidak shahih maka hadis tidak dihukumi shahih. Berangkat dari ini, setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa sanad pada hadis ini berkualitas shahih demikian juga matannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas hadis ini adalah shahih dan dapat dipakai sebagai hujjah.

C. Penutup
Niat yang ikhlas merupakan kunci dari semua amal ibadah. Dengan niat, amalan-amalan kiata bisa diterima oleh Allah dan memperoleh pahala. Ikhlas merupakan perintah dari Allah yang telah termaktub dalam al-Qur'an sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam surat al-Bayyinah ayat lima yang artinya: "Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus". Niat dan ikhlas haruslah senantiasa selalu bergandengan tangan. Kerena tanpa keikhlasan justru akan terjerumus pada sifat riya'. Wallau a'lam.

DAFTAR PUSTAKA


al-Qur'an al-Karim
al-Asqalani, Ibnu Hajar, Tahdzib al-Tahdzib, Beirut, Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1994.
,Ibnu Hajar, Fathul Bari, Juz I, Beirut: Darul Fikr, t. th.
al-Bukhariy, Abi Abdillah Muhammad bin Ismail, Shaih al-Bukhariy, Beirut, Dar al-Kutub, 1992.
al-Mazziy, al-Hafidz Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf, Tahdzib al-Kamal fii asma' al-Rijal Juz 7, Beirut, Dar al-Fikr, t. th.
al-Mubarakfuriy, Muhammad Abdurrahman bin Abdurrahim al-Mubarakfuriy, Tuhfah al-Ahwadziy Juz V, Beirut, Dar al-Kutub al-Ilmiah, t.th.
al-Naisaburiy, Abi al-Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi, Shahih Muslim Juz II, Beirut, Dar al-Fikr, 1992.
al-Nawawi, Shahih Muslim bi Syarh al-Imam an-Nawawi , Beirut, Dar El-Fikr, 1996.
Rahman,Fatchur, Ikhtisar Mushthalahul Hadits, Bandung, Almaarif, 1974.
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Mishbah vol. 12, Jakarta, Lentera Hati, 2006.
al-Qasthalaniy,Syihabuddin Ahmad bin Muhammad, Irsyad al-Saari li Syarh Shahih al-Bukhariy, Beirut, Dar al-Fikr, 1989.
Quthb, Sayyid, Tafsir fi Dhilalil Qur'an Jilid 10, Jakarta, Gema Insani, 2004.

3 komentar: